Cari Artikel Tekstil

Popular Post

  • Recent Developments in Smart and Intelligent Textiles.
  • Deciding the Fabric Features with Weaving Patterns.
  • AMedical Textiles: Nanofiber-based Smart Dressings for Burn Wounds.
  • Penjelasan mengenai pertenunan handuk.
  • Plasma Treatment Technology for Textile Industry Plasma Treatment Technology for Textile Industry.

Friday, November 2, 2018

Pembuatan Kain Tekstil| Proses Manufaktur Kain

Pada Artikel ini akan memperkenalkan konsep dasar dari manufaktur kain tenun ke sophomore Teknik / Teknologi Tekstil. Materi kursus telah dirancang untuk menciptakan minat di kalangan siswa dan mengasah kemampuan analitis mereka.

Setelah mengikuti kursus ini, siswa akan dapat memahami dan menganalisis proses persiapan menenun seperti berliku, warping dan ukuran. Mereka juga akan dapat menganalisis berbagai mekanisme alat-alat shuttle seperti shedding, picking, beat-up, take-up dan let-off.
Lebih banyak penekanan telah diberikan pada aspek-aspek mendasar sehingga para siswa mendapatkan kesempatan untuk berpikir dan belajar daripada menghafal dan belajar. Semua persamaan telah diturunkan sehingga siswa dapat memahami konteks dengan lebih baik dan ini telah dilengkapi dengan beberapa masalah numerik di akhir setiap modul. Beberapa bagian deskriptif duniawi yang membutuhkan menghafal sengaja dihindari. Materi kursus yang ringkas ini bukanlah pengganti buku-buku teks standar. Siswa disarankan untuk membaca buku teks untuk detailnya.

Buku Teks untuk Bacaan Lebih Lanjut

Ukuran Tekstil oleh B. C. Goswami, R. Anandjiwala dan D. M. Hall, Marcel Dekker (2004).
Matematika Tekstil: Volume III oleh J. E. Booth, The Textile Institute, Manchester.
Mekanisme tenun oleh R. Marks dan A. T. C. Robinson, The Textile Institute, Manchester (1976).
Tenun: Konversi Benang ke Kain oleh P. R. Lord dan M. H. Mohamed, Woodhead Publishing (1999).
Tenunan Tekstil oleh K. L. Gandhi, Woodhead Publishing (2012)

Teknologi Pembuatan Kain

Kain tekstil umumnya merupakan bahan fleksibel dua dimensi yang dibuat dengan jalinan benang atau inter-meshing loop dengan pengecualian tenunan dan kepangan. Manufaktur kain adalah salah satu dari empat tahapan utama (produksi serat, manufaktur benang, manufaktur kain, dan pengolahan kimia tekstil) dari rantai nilai tekstil. Sebagian besar kain pakaian diproduksi oleh teknologi tenun meskipun rajutnya sedang mengejar cepat khususnya di segmen pakaian olahraga. Serat alami pada umumnya dan serat kapas khususnya adalah bahan baku paling populer untuk kain tenunan yang ditujukan untuk penggunaan pakaian. Serat stapel diubah menjadi benang pintal dengan menggunakan serangkaian mesin di bagian manufaktur benang. Benang filamen berkelanjutan bertekstur untuk menanamkan benang pintal seperti bulk dan penampakan kepada mereka.

Kain tekstil adalah bahan khusus karena umumnya ringan, fleksibel (mudah ditekuk, digunting, dan dipintal), dapat dicetak, permeabel dan kuat. Ada empat teknologi utama manufaktur kain seperti yang tercantum di bawah ini.
  • Tenun (Weaving)
  • Rajutan (Knitting)
  • Nir tenun (Non Woven)
  • Kepang (Braiding)
Gambar-1 Kain tenun (dibuat dengan proses pertenunan)

Gambar-2 Kain Rajut(dibuat dengan proses perajutan)

Gambar-3 Kain Nir Tenun / Nonwoven (dibuat dengan proses nonwoven)

Gambar-4 Kain Braiding

Pembuatan kain dapat didahului baik oleh produksi serat (dalam hal bukan tenunan) atau oleh manufaktur benang (dalam hal menenun, merajut dan mengepang). Kain ditujukan untuk penggunaan pakaian harus memenuhi persyaratan kualitas multidimensi dalam hal menggantungkan, menangani, pemulihan lipatan, kekuatan sobek, permeabilitas udara, tahan panas, permeabilitas uap air. Namun, melihat sifat-sifat unik dan fleksibilitas kain tekstil, mereka sekarang digunakan dalam berbagai aplikasi teknis di mana persyaratannya sama sekali berbeda.



Pelajari lebih lanjut mengenai Weaving di link berikut:


Pelajari lebih lanjut mengenai Knitting di link berikut:


Pelajari lebih lanjut mengenai Non Woven di link berikut:


Pelajari lebih lanjut mengenai Braiding di link berikut:




Tags:
Anyaman ; Polos ; Keper ; Satin ; Turunan ; Desain Tekstil ; Tekstil ; Kuliah Tekstil ; Anyaman Tekstil ; Kertas Desain Tekstil ; Struktur ; Struktur Anyaman ; Benang Lusi ; Benang Pakan ; Warp ; Weft ; Picks ; Fabric ; Plain ; Twill ; Sateen ; Textile Design ; Ahli Desain ; Politeknik STTT Bandung ; Analisis Anyaman ; Penggolongan Anyaman ; Penggolongan Struktur Anyaman ; Jenis Anyaman ; Anyaman - Anyaman ; Anyaman-Anyaman ; Tekstil Sandang ; Gambar Anyaman ; Belajar Tekstil ; Tekstil Indonesia ; Benang Anyaman ; Anyaman Benang ; Struktur Benang Anyaman ; Berbagai Jenis Anyaman ; Kain Pakaian ; Pakaian Manusia ; Sejarah Pakaian ; Tenunan ; Struktur Tenunan ; 

Lihat Juga

loading...

See Also

loading...

Ahli Desain Tekstil . 2018 Copyright. All rights reserved. Designed by Andrian Wijayono