Cari Artikel Tekstil

Popular Post

  • Recent Developments in Smart and Intelligent Textiles.
  • Deciding the Fabric Features with Weaving Patterns.
  • AMedical Textiles: Nanofiber-based Smart Dressings for Burn Wounds.
  • Penjelasan mengenai pertenunan handuk.
  • Plasma Treatment Technology for Textile Industry Plasma Treatment Technology for Textile Industry.

Friday, November 2, 2018

Tapestry | Membuat Lukisan Dengan Anyaman

Tapestry adalah bentuk seni tekstil, yang dianyam secara tradisional dengan menggunakan alat tenun. Tapestry adalah tenun berwajah pakan, di mana semua benang lusi tersembunyi dalam pekerjaan yang telah selesai, tidak seperti kain yang ditenun di mana benang lungsin dan benang pakan dapat terlihat. Dalam tenun tenunan, benang pakan biasanya terputus; pengrajin saling mencampur setiap helai bolak-balik di daerah pola kecilnya masing-masing. Ini adalah tenunan berwajah sederhana yang memiliki benang pakan dengan warna berbeda yang bekerja di bagian-bagian lungsin untuk membentuk desain.

Kebanyakan penenun menggunakan benang lungsin alami, seperti wol, linen atau katun. Benang pakan biasanya wol atau katun, tetapi mungkin termasuk sutra, emas, perak, atau alternatif lainnya.

Berikut ini merupakan salah satu contoh dari karya Tapestry yang tersimpan di salah satu museum di New York City:

Salah satu Tapestry dalam seri The Hunt of the Unicorn: The Unicorn Ditemukan, sekitar tahun 1495-1505, The Cloisters, Metropolitan Museum of Art, New York City

Bagaimanakah cara membuat suatu tapestry?

Berikut ini beberapa video yang dapat memberikan gambaran teknik pembuatan seni tapestry:







Teknik Pembuatan Tapestry Di Rumah

Untuk membuat sebuah seni tapestry, anda membutuhkan sebuah bingkai yang berukuran sesuai dengan seni yang hendak anda hasilkan. Seperti pada video-video di atas, dimana orang tersebut membuat tapestry pada sebuah bingkai dengan benang-benang lusi yang telah terpasang pada bingkai tersebut. Kemudian, unutk membentuk seninya, benang-benang pakan dianyamkan dengan suatu teknik tertentu hingga terbentuk suatu gambar pola dan atau warna pada permukaan kain yang dihasilkan.

Berikut ini adalah teknik pembuatan anyaman pada seni tapestry:






Tags:
Anyaman ; Polos ; Keper ; Satin ; Turunan ; Desain Tekstil ; Tekstil ; Kuliah Tekstil ; Anyaman Tekstil ; Kertas Desain Tekstil ; Struktur ; Struktur Anyaman ; Benang Lusi ; Benang Pakan ; Warp ; Weft ; Picks ; Fabric ; Plain ; Twill ; Sateen ; Textile Design ; Ahli Desain ; Politeknik STTT Bandung ; Analisis Anyaman ; Penggolongan Anyaman ; Penggolongan Struktur Anyaman ; Jenis Anyaman ; Anyaman - Anyaman ; Anyaman-Anyaman ; Tekstil Sandang ; Gambar Anyaman ; Belajar Tekstil ; Tekstil Indonesia ; Benang Anyaman ; Anyaman Benang ; Struktur Benang Anyaman ; Berbagai Jenis Anyaman ; Kain Pakaian ; Pakaian Manusia ; Sejarah Pakaian ; Tenunan ; Struktur Tenunan ; Tapestry ; Seni Tapestry ; Tekstil Tapestry ; Seni Teknik Tapestry ; Tapestry Tekstil

Lihat Juga

loading...

See Also

loading...

Ahli Desain Tekstil . 2018 Copyright. All rights reserved. Designed by Andrian Wijayono